Logo Labuan Bajo Productions

8 Tips Hemat Prewedding Untuk Calon Pengantin Baru

Tips Hemat Prewedding

Semua calon pengantin pasti suka dengan foto prewedding yang unik dan sesuai keinginan. Namun, di atas semua biaya pernikahan yang sangat besar, pemotretan prewedding sering kali memberatkan di kantong.

Kabar baiknya, ada begitu banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya pemotretan pra pernikahan, baik itu foto prewedding indoor maupun prewedding outdoor.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung simak kiat-kiatnya di bawah ini!

1. Pangkas Uang Gaun dengan Sewa atau Pakai Baju Seadanya di Rumah

Sebagian besar calon pengantin yang akan melakukan sesi pemotretan prewedding pasti akan bersemangat untuk membeli pakaian baru pada kesempatan itu. Namun, untuk menghasilkan foto prewedding yang bagus tidak melulu harus memakai baju baru, kok.

Daripada membeli baju baru, kamu bisa menyewa gaun atau pakai baju seadanya di rumah. Kamu juga bisa meminjam baju dari sanak saudara atau teman alih-alih membeli baju baru yang mahal.

Misalnya kamu menginginkan baju yang serasi (tidak harus baju couple) atau pakaian yang kasual dan sederhana, kamu bisa menyesuaikannya dengan baju di lemari.

Ada banyak juga opsi persewaan baju prewedding yang tersedia dan bisa kamu sesuaikan dengan budget sebagai alternatif lain yang lebih murah. Intinya, meskipun tidak mengenakan baju baru, kamu bisa mix and match style kamu supaya tampil beda.

2. Pilih Lokasi Terdekat

Salah satu bagian termahal dari foto prewedding adalah lokasinya. Untuk berangkat menuju lokasi pemotretan tentu memerlukan ongkos transportasi. Semakin jauh lokasinya, maka semakin besar pula biaya ongkosnya.

Belum lagi biaya masuk dan biaya lainnya seperti tarif penginapan, sewa mobil, dan sebagainya yang mungkin harus kamu keluarkan.

Jadi, tidak perlu bersikeras untuk melakukan foto prewedding di luar negeri atau hotel bintang lima untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus. Kamu bia memilih lokasi yang terdekat di daerahmu yang punya spot foto bagus, gratis (bila ada).

Misalnya prewedding di rumah, taman di kompleks perumahan, wisata alam terdekat, tempat pertama kali berkencan dan sebagainya. Pastinya akan menjadi memori indah tersendiri antara kamu ban pasangan yang karena itulah esensi dari foto prewedding.

3. Gunakan Jasa Fotografer dari Kenalan atau Sahabat

Tips hemat prewedding selanjutnya adalah memanfaatkan jasa fotografer dari kenalan, teman, sahabat, atau keluarga (kalau bisa). Bagi kamu yang memiliki kenalan atau teman yang punya hobi fotografi atau merintis jasa foto prewedding, manfaatkan itu!

Karena biasanya tarif yang dibanderol akan jauh lebih murah. Selain itu, ini juga akan menguntungkan pihak fotografer karena bisa menambah portofolionya. Artinya, kamu juga bisa ikut andil dalam mempromosikan jasa teman kamu.

4. Pangkas Uang MUA dengan Berdandan dan Hair Do Sendiri

Bagi kamu yang merasa punya keterampilan untuk merias wajah, coba pertimbangkan untuk menghemat biaya foto prewedding dengan menghilangkan opsi menyewa jasa MUA yang biasanya berkisar Rp.300.000 – Rp.1.000.000 per orang.

Sayang banget, kan? Jadi, cobalah gunakan keterampilan kamu untuk memoles wajah kamu sendiri dengan konsep yang lebih natural. Kamu bisa melihat tutorial dan tips-tips make up prewedding yang ada di Youtube.

Jika kamu tidak pandai make up tapi ingin opsi yang lebih murah, kamu bisa menyewa jasa MUA dari teman atau minta ibu dan sanak saudara yang pandai merias untuk memoles wajah kamu.

Selain riasan wajah, hair styling juga penting untuk membuatmu tampil lebih cantik dan beda di foto prewedding nantinya. Untuk menata rambut, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa.

Pelajari dan latih beberapa gaya rambut melalui tutorial hair styling yang bisa kamu cari di internet, Youtube, atau media sosial. Begitu juga dengan kamu yang memakai hijab, kini ada banyak tutorial menata berbagai jenis hijab yang bisa kamu pelajari di internet.

5. Bawa Properti atau Aksesoris Milik Pribadi

Ingin foto prewedding kamu tampak lebih unik tapi tidak memakan banyak biaya? Kamu bisa bawa properti atau aksesoris milikmu dan pasangan sebagai salah satu tips hemat prewedding yang jitu. Dengan begitu, kamu bisa berhemat untuk menyewa properti.

Properti untuk keperluan foto prewedding tidak harus mahal, kok. Kamu dan pasangan bisa menggunakan barang atau benda favorit kalian sebagai properti untuk menghasilkan foto yang lebih memorable dan pastinya lebih berarti bagi kalian.

Demikian juga dengan dekorasi, mungkin tak terlalu dibutuhkan untuk konsep prewedding outdoor. Sebaliknya, bagi kamu yang menginkan konsep prewedding indoor, dekorasi mungkin diperlukan untuk mempercantik background gambar.

Baca juga: Berbagai Tips Prewedding Outdoor untuk Pasangan dengan Gaya Casual

Lantas, apakah perlu menyewa jasa dekorasi prewedding? Jika budget kamu pas-pasan, kamu bisa menghemat uang untuk menyewa jasa dekor prewedding dengan mempelajari teknik-teknik dekorasi yang banyak tersedia di Youtube.

6. Lakukan Sesi Pemotretan Selain di Akhir Pekan atau Hari Libur

Tips hemat prewedding selanjutnya adalah menghindari pemotretan di hari libur atau akhir pekan. Itu karena sebagian fotografer akan memasang biaya yang lebih tinggi bila jadwal pemotretan dilakukan saat akhir pekan atau hari libur.

Selain itu, bagi kamu yang mengusung konsep prewedding outdoor, hal ini juga akan menambah biaya penginapan atau biaya masuk tempat wisata. Pasalnya, pada hari libur atau akhir pekan, hotel maupun tempat wisata akan memasang tarif yang lebih tinggi.

Belum lagi jika pengunjung pada akhir pekan biasanya akan lebih banyak pengunjung daripada hari biasa. Tentu hal ini akan membuat sesi pemotretan jadi terganggu dan tidak nyaman lantaran ramai orang yang berlalu lalang.

7. Hindari Sesi Pemotretan di Malam Hari

Tips hemat prewedding ini ditujukan buat kamu yang memiliki konsep prewedding outdoor. Untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup, usahakan untuk melakukan sesi photoshoot di pagi sampai sore hari.

Sebab, jika dilakukan pada malam hari, kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli atau menyewa lighting. Beda halnya jika kamu melakukan photoshoot di pagi atau siang hari yang cerah, kamu bisa memanfaatkan pencahayaan dari sinar matahari.

Beruntungnya lagi, kamu berkesempatan untuk foto prewedding berlatar belakang pemasandangan sunset atau sunrise yang pastinya akan membuat foto kamu jadi lebih epik. Jadi, kamu harus pandai mengatur waktu untuk mendapatkan momen tersebut.

8. Manfaatkan Tripod Bluetooth Remote Control

Tips hemat prewedding selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tripod bluetooth yang memiliki fitur remote control sebagai shutter. Harganya pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp.150.000 – Rp.250.000 saja.

Dengan begitu, kamu bisa mengambil foto dengan lebih mudah dan lebih leluasa berpose tanpa harus bolak-balik menekan tombol shutter pada ponsel. Jadi, kamu bisa memangkas biaya untuk menyewa jasa fotografer, deh!

Itulah beberapa tips hemat prewedding yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga tips di atas bermanfaat bagi kamu yang mencari inspirasi melakukan foto prewedding yang hasilnya maksimal, namun dengan biaya minimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk Pemesanan Silahkan Isi
Formulir Berikut

Atau Hubungi Kami Melalui Whatsapp Kami

Tim kami akan menghubungi Anda maksimal 1 x 24 jam