Logo Labuan Bajo Productions

13 Checklist Persiapan Pernikahan Sebelum Resepsi

Checklist Persiapan Pernikahan

Pasangan mana yang nggak deg-degan menjelang hari pernikahan impiannya? Karena merupakan salah satu momen sakral dalam hidup, ada banyak checklist persiapan pernikahan yang harus mulai dicicil jauh-jauh hari supaya hari H berjalan lancar.

Persiapan tersebut bahkan sampai memakan waktu hingga berbulan-bulan serta memakan biaya yang tak sedikit. Lantas, apa saja persiapan menjelang pernikahan? Biar kamu nggak bingung, simak daftarnya berikut ini!

Checklist Persiapan Pernikahan

Agar pesta resepsi pernikahan kamu berjalan sesuai rencana dan harapan kamu, yuk ketahui beberapa hal yang harus kamu siapkan, baik itu dari calon mempelai perempuan maupun laki-laki:

1. Tentukan Besaran Budget dan Alokasinya Untuk Pernikahan

Untuk mewujudkan pernikahan impian, tentu saja membutuhkan budget Bahkan jika jika kamu mengusung konsep pernikahan yang sederhana sekalipun, kamu akan tetap perlu mengeluarkan biaya.

Untuk besaran budget, tergantung dari kesepakatan antara kamu dan pasangan ingin mengadakan pernikahan seperti apa. Entah itu di KUA, rumah calon mempelai, atau di gedung, terserah keinginan dan kebutuhan kalian.

Misalnya, jika kamu ingin mengadakan resepsi pernikahan di rumah, maka kisaran budget yang biasanya dibutuhkan adalah Rp.10 juta – Rp. 30 juta (sudah termasuk tenda, dekorasi, dll).

2. Pertemuan Keluarga

Selanjutnya, jangan lupa adakan pertemuan antara kedua belah pihak calon mempelai laki-laki maupun perempuan dalam satu tempat yang sama. Tujuannya adalah berdiskusi lebih lanjut mengenai alokasi pernikahan dan mencapai kesepakatan.

Terutama terkait dengan tanggal pernikahan, besaran budget untuk menyewa gedung, Wedding Organizer, souvenir, mas kawin, dan lain-lain. Semua harus diperhitungkan dan disepakati oleh kedua belah pihak supaya tidak terjadi kesalahpahaman di tengah jalan.

3. Persiapkan Administrasi

Sebelum melangkah lebih lanjut ke persiapan resepsi, kamu dan pasangan perlu mendaftarkan pernikahan kalian agar bisa dinyatakan sah secara hukum.

Karena sangat penting, bisa dibilang bahwa checklist persiapan pernikahan yang satu ini merupakan yang paling pokok. Ada beberapa berkas yang perlu kamu siapkan, di antaranya:

  • Surat keterangan belum menikah dari kelurahan
  • Dokumen N1, N2, N3, N4
  • Nota pengantar dari ketua RT / RW
  • Fotokopi KTP dan KK
  • Pas foto berlatar belakang biru ukuran 2×3 dan 3×4
  • Bagi anggota TNI atau Polri wajib melampirkan izin menikah
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • 6 lembar materai

4. Lamaran dan Prewedding

Checklist persiapan pernikahan ini tergantung kesepakatan antara kedua calon mempelai. Karena pada dasarnya, lamaran atau khitbah sebelum menikah hukumnya mudah (boleh), jadi kembali lagi kepada keinginan atau kemampuan calon mempelai.

Jika kamu dan pasangan sepakat untuk mengadakan sesi lamaran, maka hal penting yang perlu disiapkan adalah cincin lamaran dan hantaran. Ini biasanya disiapkan oleh pihak laki-laki sebagai bentuk tanggung jawab akan menikahi seorang anak perempuan.

Bila memungkinkan, maka kedua calon mempelai bisa melakukan sesi pemotretan prewedding. Hasil fotonya nanti bisa kamu gunakan untuk desain undangan ataupun ditampilkan pada acara resepsi.

Baca juga: Romantisnya Prewedding di Pink Beach Labuan Bajo

5. Sepakati dan Rancang Konsep Pernikahan

Jika tanggal pernikahan dan rencana anggaran sudah ditentukan, selanjutnya penting untuk merancang konsep pernikahan sesuai keinginan atau kemampuan.

Dalam hal ini, pihak calon mempelai perempuan biasanya mendambakan diperlakukan seperti tuan putri di hari spesialnya. Untungnya, kini ada banyak konsep pernikahan indoor atau outdoor yang bisa kamu pilih bersama pasangan.

Kamu bisa mencari referensi konsep pernikahan yang kamu impikan di internet atau lebih mudah jika mendiskusikannya dengan WO kamu.

Yang paling penting saat kamu menggunakan jasa WO, pastikan apakah konsep pernikahan dan biayanya sudah termasuk jasa MUA, katering, gaun pengantin, dll atau tidak. Agar tidak ribet, kamu bisa minta rekomendasi paket lengkap dari mereka.

6. Tentukan Lokasi Pernikahan

Lokasi pernikahan biasanya ditentukan dari besar alokasi budget. Jika kamu dan pasangan punya budget lebih, kamu bisa pertimbangkan opsi untuk menyewa gedung.

Namun, jika budget kamu pas-pasan, resepsi pernikahan juga bisa kamu selenggarakan di halaman rumah dengan mendirikan tenda pernikahan.

7. Undangan dan Souvenir

Checklist persiapan pernikahan selanjutnya yang tak boleh ketinggalan adalah menyebar undangan dan menyiapkan souvenir pernikahan. Umumnya, penyebaran undangan (dari pihak laki-laki maupun perempuan), lebih baik dilakukan minimal H-10 resepsi.

Jangan lupa juga untuk melakukan survey harga dan memilih souvenir yang tepat sebelum pernikahan agar bisa siap tepat waktu. Pilih jenis souvenir yang bermanfaat untuk tamu, seperti mug, tumbler, sendok garpu, pouch, gelas, sajadah, dan banyak lagi.

8. Siapkan Mas Kawin dan Seserahan

Memberikan mas kawin dan seserahan kepada calon mempelai wanita merupakan salah satu tradisi dalam acara pernikahan. Jenisnya pun bermacam-macam tergantung budget, budaya, dan permintaan pasangan kamu.

Umumnya, mas kawin bisa berupa uang atau barang berharga seperti emas batangan, perhiasan, dll. Sedangkan seserahan biasanya berupa kebutuhan atau perlengkapan wanita, seperti baju, alat mandi, skincare, sepatu, tas, dan sebagainya.

9. Fitting Baju Pengantin dan Perawatan

Menjelang hari H pernikahan, wajar bagi calon mempelai merasa gugup dan ingin tampil paling cantik dan tampan sebagai raja dan ratu di hari besar mereka.

Jadi, melakukan fitting baju pengantin (hubungi WO jika menggunakan baju dari mereka) serta perawatan sangat berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri dan mood. Namun, ini bersifat opsional, ya tergantung kebutuhan dan kemampuan.

10. Katering

Checklist persiapan pernikahan selanjutnya adalah memesan katering. Sebelum menentukan, sebaiknya kamu, survey harga dan rasa terlebih dahulu.

Jangan lupa juga untuk memilih menu katering yang seimbang, terdiri dari lauk daging, sayur, sup, minuman, dan beberapa dessert. Tentukan jenis penyajian katering yang sesuai dengan konsep pernikahan kamu, entah itu prasmanan, plated meal, brunch, dll.

11. Hiburan

Saat resepsi pernikahan, umumnya pasangan pengantin juga akan menyiapkan hiburan supaya para tamu yang datang tidak mudah bosan. Dan jenis hiburan yang paling populer untuk acara pernikahan adalah organ tunggal atau band akustik.

Untuk tarifnya pun bervariasi, mulai dari Rp.1 juta hingga Rp. 4,5 juta untuk band akustik, sedangkan untuk organ tunggal mulai dari Rp. 800 ribu.

12. Make Up Artist (MUA)

Agar kamu dan pasangan bisa tampil memukau di hadapan para tamu undangan saat resepsi pernikahan, kamu perlu memasukkan jasa sewa MUA ke dalam checklist persiapan pernikahan kamu.

Jenis riasan yang akan diaplikasikan tentu harus sesuai dengan konsep atau adat pernikahan yang diusung. Agar hasilnya memuaskan, sebaiknya pilih jasa MUA yang sudah berpengalaman dengan berbagai macam gaya make up.

13. Siapkan Kesehatan dan Mental

Menyediakan semua checklist persiapan pernikahan bisa jadi hal yang sangat melelahkan dan menguras pikiran. Namun, di samping menyiapkan semua itu, kesehatan dan kesiapan mental calon mempelai merupakan yang paling penting.

Mulailah pelajari seputar kehidupan pernikahan dari jauh-jauh hari, istirahat yang cukup, makan makanan yang seimbang, dan olahraga teratur untuk jaga kesehatan fisik dan psikis kamu.

Itulah beberapa checklist persiapan pernikahan yang perlu kamu ketahui jika berencana untuk menikah. Namun yang paling penting, salinglah menghargai dengan pasangan agar tidak terjadi keributan yang tidak perlu saat mempersiapkan pernikahan.

Baca juga: 10+ Konsep Prewedding yang Unik dan Out of The Box, Apa Saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk Pemesanan Silahkan Isi
Formulir Berikut

Atau Hubungi Kami Melalui Whatsapp Kami

Tim kami akan menghubungi Anda maksimal 1 x 24 jam