Logo Labuan Bajo Productions

Cincin Nikah di Jari Mana? Tangan Kiri atau Kanan?

cincin nikah di jari mana

Kira-kira cincin nikah di jari mana yang sesuai? Cincin nikah adalah simbol pernikahan yang selalu melekat dan sudah lama orang menggunakannya sebagai simbol ikatan pernikahan.

Bagi perempuan, cincin tersebut bukan sekadar perhiasan melainkan simbol romansa yang abadi. Selain itu, cincin pernikahan juga melambangkan komitmen seumur hidup dari kedua mempelai.

Lalu sebenarnya, di jari apa cincin nikah tersebut harusnya kamu pakai? Sebenarnya tidak terdapat aturan pasti mengenai hal tersebut. Namun informasi berikut bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan.

Sejarah Cincin Nikah di Jari Manis

Simbolisme atau tradisi memakai cincin pernikahan telah ada sejak zaman kuno dan umumnya mengenakan cincin tersebut pada jari manis. Lalu kenapa harus jari manis?

Menurut legenda, jari manis mempunyai pembuluh darah yang langsung terhubung ke jantung. Ini menandakan bahwa hati sepasang kekasih tersebut terhubung melalui cincin yang mereka pakai.

Itulah mengapa orang Romawi awal memberi istilah Vena Amoris alias urat cinta. Untuk membuat hubungan yang terjalin tersebut semakin kuat, maka cincin perlu ditempatkan pada jari khusus. Ini akan menandakan sebuah romansa dari pasangan tersebut.

Meskipun begitu, menurut ilmu anatomi modern, seluruh jari mempunyai koneksi vena menuju jantung. Tidak ada bukti vena tunggal seperti penjelasan di atas. Namun, sampai sekarang tradisi menggunakan cincin pernikahan di bagian jari manis masih tetap dilaksanakan.

Lalu, Sebaiknya Cincin Nikah di Jari Mana?

Sebenarnya pilihan tersebut berbeda pada setiap negara. Hal tersebut karena setiap negara mempunyai budaya atau kebiasaan masing-masing. Misalnya di negara barat, umumnya cincin pernikahan dipakaikan pada jari manis kiri.

Namun di Indonesia, umumnya cincin pernikahan tersebut akan mereka kenakan pada jari manis kanan. Ini karena di Indonesia tangan kanan menandakan kesopanan.

Meskipun begitu, tidak sedikit pasangan pengantin di Indonesia yang mulai mengikuti budaya barat. Mereka memilih memasangkan cincin pada jari manis bagian kiri. Jadi memang tidak ada aturan pasti cincin nikah di jari mana yang lebih utama. Intinya selagi kamu nyaman memakainya dan terasa muat, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Meskipun demikian, menurut ahli perhiasan Stephanie Selle dari Port Townsend, WA, secara historis cincin nikah sudah didokumentasikan agar kedua pasangan mengenakannya di salah satu dari keempat jari, kecuali ibu jari.

Namun beberapa masyarakat di negara seperti Indonesia, India, Spanyol, Jerman, Rusia, dan Norwegia mengenakan cincin tersebut pada jari sebelah kanan.

Bagaimana untuk Cincin Tunangan?

Jika kamu mempunyai cincin tunangan, biasanya kedua pihak memutuskan untuk mengenakan cincin tersebut pada jari manis kiri. Kemudian cincin pernikahan akan mereka kenakan di jari manis kanan.

Meskipun begitu, ada juga pasangan khususnya pihak wanita yang menumpuk kedua cincin tersebut pada salah satu jari. Biasanya mereka cenderung mengikuti budaya barat.

Akan tetapi, sekali lagi tidak ada aturan khusus mengenai di jari mana seharusnya kamu mengenakan cincin pernikahan maupun tunangan. Intinya kamu harus memilih bagian jari yang menurutmu paling nyaman untuk dipakaikan cincin.

Kamu Tim Pasang Cincin di Jari Mana?

Sekian pembahasan seputar sebaiknya cincin pernikahan di jari mana. Jadi, semua kembali ke pribadi dan budaya masing-masing. Kamu bebas memilih apakah ingin mengenakan cincin nikah di jari mana, kanan atau kiri.

Intinya pastikan cincin yang kamu kenakan tersebut pas di jarimu. Jangan memaksakan untuk mengenakannya di jari manis jika ternyata longgar. Selain itu, komitmen di antara keduanya untuk menjaga pernikahan itulah yang paling penting.

Baca juga: 8 Tempat Wisata untuk Prewedding di Indonesia yang Paling Epik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk Pemesanan Silahkan Isi
Formulir Berikut

Atau Hubungi Kami Melalui Whatsapp Kami

Tim kami akan menghubungi Anda maksimal 1 x 24 jam