Logo Labuan Bajo Productions

10 Fotografer Terkenal di Indonesia yang Wajib Kamu Kenal!

fotografer terkenal di indonesia

Sebagai penikmat photography maupun pelaku usaha di dalamnya, melihat dan mengenal kiprah para fotografer senior Indonesia bisa membangun motivasi diri. Bukan hanya karena karyanya yang memang berkualitas, namun beberapa fotografer terkenal di Indonesia ini juga memiliki kisah yang menarik. Simak daftarnya di sini!

10 Fotografer Terkenal di Indonesia

Jangan mengaku sebagai pecinta seni fotografi jika kamu belum mengenal beberapa tokoh besar dunia fotografi ini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Arbain Rambey

fotografer terkenal di indonesia
Arbain Rambey (source: Media Indonesia)

Sosok jurnalis yang mencintai dunia fotografi ini adalah salah satu tokoh besar dalam dunia fotografi. Melalui hasil karyanya yang tak terhitung, beliau sudah sering mondar-mandir di panggung penghargaan nasional hingga internasional.

Menurutnya, memotret bukan lagi sebuah hobi, tapi menjadi kebutuhan seperti makan. Mulai belajar dari ekstrakurikuler di sekolahnya dulu, Arbain kini kerap berkeliling indonesia untuk mengajarkan dunia fotografi dan kecintaan pada seluruh masyarakat lokal Indonesia.

2. Rio Wibowo

fotografer terkenal di indonesia
Rio Wibowo (source: Kompas)

Lebih dikenal sebagai Rio Motret di kalangan fotografi, kini jasanya sering digunakan oleh para selebritis tanah air. Lewat pengalamannya yang tidak sebentar, Rio sudah malang melintang dan menghasilkan jutaan karya hingga saat ini.

Bahkan perjalanannya dalam karir fotografi sudah beliau geluti lebih dari 12 tahun, tentunya dengan jalan yang tidak selalu mulus. Namun, kini Rio menjelma jadi pribadi yang supel dan tak pelit ilmu kepada juniornya. Tentu saja, hal ini juga yang membuat pameran tunggalnya dihadiri lebih dari 70 ribu pengunjung.

3. Barry Kusuma

fotografer terkenal di indonesia
Barry Kusuma (source: detik.com)

Siapa yang tidak mau menjalani hobi tapi dibayar? Hal tersebut sangat cocok untuk fotografer satu ini. Karena karir besarnya hanya berawal dari hobi yang kini jadi sumber penghasilan menjanjikan untuk fotografer terkenal di Indonesia ini. Sudah banyak karyanya yang terpampang di media besar nasional bahkan internasional.

4. Gathot Subroto

fotografer terkenal di indonesia
Gathot Subroto (source: Star N Gage)

Jika memiliki hobi fotografi, mungkin kamu pernah hadir atau menonton seminar yang bapak satu ini sampaikan. Bukan hanya karena kemampuannya yang mumpuni, pengalaman dan hasil jepretan dari Gatot Subroto juga tak bisa dianggap remeh.

Bahkan tips dan pengajaran yang ia sampaikan juga mudah dipahami. Sehingga banyak talent baru yang tumbuh berkat tangan dan dedikasi Gathot Subroto.

5. Christina Tan

fotografer terkenal di indonesia
Christina Tan (source: Delkin Device)

Tak hanya parasnya yang cantik jelita, namun berbagai hasil jepretan alam yang ia hasilkan juga menjadi representatif keindahan yang Tuhan telah berikan. Melalui akun Instagramnya, kamu bisa belajar banyak hal tentang fotografi. Tentu saja, sambil menikmati sensasi keliling dunia dari hasil jepretannya yang menakjubkan

6. Ebbie Vebri Ardian

fotografer terkenal di indonesia
Ebbie Vebri Ardian (source: Phinemo)

Fotografer terkenal di Indonesia berikutnya adalah salah satu tokoh ternama yang punya mindset super gila. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, beliau rela terjun langsung ke alam untuk menemukan gambar yang lebih menarik dari sudut pandang berbeda.

Bahkan, nama besarnya berawal dari ketidakpuasan terhadap buku perjalanan yang mayoritas dari luar Indonesia. Demi membesarkan nama fotografi Indonesia, Ebbie memulai perjalanannya dan mengabadikannya dalam sebuah buku perjalanan berjudul “Indonesia: A World of Treasure”.

7. Pio Kharisma

fotografer terkenal di indonesia
Pio Kharisma (source: Linkedin)

Kamu penikmat fotografi panggung? Cocok banget, nama besar dan legend dari Pio Kharisma pastinya jadi salah satu referensi tokoh fotografi dalam album pribadimu. Bagaimana tidak? Jepretan dari mantan penyiar radio ini berhasil menunjukkan gemerlap dan kemeriahan panggung idola ternama dengan sangat epik.

Sebut saja band besar seperti Noah, Slank, Gigi, hingga penyanyi kekinian seperti Isyana, Mahalini, dan Tiara Andini sudah pernah jadi model gambar dari Pio Kharisma. Kerennya lagi, Pio juga menjadi salah satu fotografer yang berkesempatan memotret Marilyn Monroe

8. Don Hasman

fotografer terkenal di indonesia
Don Hasman (source: Wartapala Indonesia)

Umur yang sudah senja bukanlah alasan untuk pria satu ini tidak membuat karya foto luar biasa. Beliau bahkan sudah pernah mendapatkan nominasi 100 Famous Photographers in the World yang menjadi satu dari banyak pencapaian besar di dunia fotografi Indonesia.

Don Hasman mulai menekuni dunia tangkap gambar ini mulai dari tahun 1951. Hingga kini pun beliau masih aktif membuat karya-karya terbaik. Jika berbicara tentang fotografi, pastinya nama besar Don Hasman tak bisa dihilangkan walaupun hanya seujung kuku.

9. Marrysa Tunjung Sari

fotografer terkenal di indonesia
Marrysa Tunjung Sari (source: tribunnews)

Fotografer terkenal di Indonesia berikutnya termasuk salah satu top photographers Indonesia yang karyanya sudah malang melintang di dunia permajalahan nasional dan internasional. Bagi kamu yang sering naik pesawat, beberapa karyanya juga akan disuguhkan di majalah top pesawat yang kamu tumpangi.

Marisa atau lebih akrab dikenal dengan panggilan Sasha ini telah membuat karya di berbagai pelosok negara Indonesia. Tentunya untuk mengenalkan kepada dunia bahwa, Indonesia adalah surga Tuhan yang ada di Bumi melalui karya-karya yang beliau buat.

10. Nichole Patricia Malina

fotografer terkenal di indonesia
Nichole Patricia Malina (source: Whiteboard Journal)

Menjadi salah satu kiblat dari para srikandi photographers Indonesia, Nicoline Patricia Malina menunjukkan peran besarnya melalui berbagai penghargaan yang didapatkannya. Sebut saja Young Photographer of The Year 2009, Iconique Societas Excellence in Fashion Photography, dan masih banyak yang lainnya.

Melalui creative artist management yang ia beri nama NPM Photo, banyak jebolannya yang melalang buana ke seluruh penjuru dunia. Karena yang tertarik dengan hasil jepretannya tak hanya klein domestik saja, banyak juga klien mancanegara yang menggunakan jasa dari NPM Photo ini.

Mana Fotografer Terkenal di Indonesia yang Jadi Favoritmu?

Nah, itulah 10 fotografer terkenal di Indonesia yang sudah menginspirasi para juniornya, karyanya pun sudah terpajang di seluruh media internasional. Tertarik mengikuti jejak dari beberapa tokoh tersebut? Lakukan apa yang kamu lakukan dengan tekun dan konsisten, serta selalu berikan yang paling maksimal di setiap kesempatan!

Baca juga: 8 Tempat Wisata untuk Prewedding di Indonesia yang Paling Epik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk Pemesanan Silahkan Isi
Formulir Berikut

Atau Hubungi Kami Melalui Whatsapp Kami

Tim kami akan menghubungi Anda maksimal 1 x 24 jam