Logo Labuan Bajo Productions

13 Hantaran Lamaran Sederhana Hemat Budget, Tapi Penuh Makna

hantaran lamaran sederhana

Hantaran lamaran adalah buah tangan yang diberikan oleh laki-laki kepada pihak perempuan atau sebaliknya. Tradisi yang umum di Indonesia tersebut tidak harus berupa barang mewah. Kamu bisa membawa hantaran lamaran sederhana, tapi tetap bermakna.

Pada artikel ini, kamu akan menemukan 13 rekomendasi hantaran sederhana yang bisa dipertimbangkan untuk kamu bawa saat prosesi lamaran.

Ini 13 Hantaran Lamaran Sederhana

Berikut ini 13 hantaran lamaran sederhana yang bisa kamu bawa, yaitu:

1. Skincare

Pertama, kamu bisa memilih skincare sebagai hantaran lamaran. Tak bisa dipungkiri, bahwa skincare atau produk perawatan kulit adalah kebutuhan dasar. Sehingga, pasti bermanfaat untuk penerima.

Supaya tidak salah pilih produk, kamu bisa bertanya kepada pasangan, terkait dengan merek skincare yang cocok. Jangan sampai produk yang kamu beli malah membuat alergi!

Selain itu, kamu bisa memilih skincare satu set yang sudah lengkap, seperti serum, moisturizer, toner, sunscreen, dan lain sebagainya.

2. Perawatan Tubuh

Selain skincare, kamu juga bisa membawa produk perawatan tubuh lainnya. Pasalnya, setiap orang pasti harus merawat tubuh, agar bisa tampil menarik dan sehat. Produk perawatan tubuh yang perlu kamu berikan, misalnya masker wajah, lotion, spa, lulur, parfum, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, hantaran yang kamu berikan tetap berguna, karena tubuh harus dirawat dari ujung rambut sampai ujung kaki.

3. Setelan Pakaian

Tak ada salahnya kamu membawa hantaran lamaran berupa setelan pakaian. Tentu saja, barang tersebut akan bermanfaat, karena pakaian selalu dibutuhkan setiap harinya.

Meski demikian, kamu perlu diskusi lebih lanjut kepada penerima tentang model pakaian, ukuran, warna, dan sebagainya, supaya bisa dipakai dengan nyaman. Sebab, ada banyak sekali jenis pakaian. Misalnya, pakaian tidur, pakaian dalam, atau yang lainnya.

4. Tas

Berikutnya, kamu bisa memilih tas sebagai barang hantaran. Pastinya, tas juga tetap berguna untuk melengkapi kebutuhan calon pasangan.

Namun, kamu perlu menyesuaikan produk yang akan dibeli dengan selera dan kebutuhan pasanganmu. Sehingga, pasangan akan bahagia atas pemberian hantaran.

5. Sepatu

Hantaran lamaran sederhana selanjutnya adalah sepatu. Perlu kamu tahu, bahwa sepatu memiliki makna kedua mempelai mampu untuk hidup bersama dengan langkah yang benar di kehidupan sehari-harinya.

Mengingat pentingnya hantaran, kamu harus memilih sepatu dengan kualitas terbaik. Sehingga, meski terlihat sederhana, tetapi bermakna.

6. Perhiasan

Pasti kamu sudah paham bahwa cincin adalah hantaran lamaran yang wajib dibawa. Sebab, cincin menjadi pengikat ikrar dan janji kedua mempelai. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa cincin saat prosesi lamaran.

Sementara itu, kamu juga bisa membawa perhiasan lain selain cincin, seperti gelang atau kalung. Namun, kamu tidak perlu memaksakan diri, jika terlalu memberatkan. Sebaiknya, keputusan tersebut harus kamu diskusikan kepada pasangan.

7. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah pastinya akan selalu menjadi kebutuhan dasar. Selain itu, memberikan hantaran berupa perlengkapan ibadah juga bernilai ibadah tinggi. Apalagi jika perlengkapan ibadah tersebut digunakan untuk ibadah setiap harinya. Tak hanya sebagai hantaran, tetapi kamu juga mendapat pahala.

Di samping itu, perlengkapan ibadah memiliki makna agar pasangan selalu mengingat Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga, hantaran yang kamu berikan memiliki nilai yang tinggi, meski harganya tidak terlalu mahal.

8. Kebutuhan Rumah Tangga

Dalam membina rumah tangga, tentu kamu dan pasangan membutuhkan banyak perlengkapan. Nah, kamu bisa memberikan hantaran berupa alat-alat kebutuhan rumah tangga. Selain sebagai hantaran, tentu bisa kalian pakai bersama nantinya jika sudah menikah dan hidup bersama.

Ada banyak pilihan kebutuhan rumah tangga yang bisa kamu pertimbangkan, seperti kasur, sprei, lemari pakaian, bantal dan guling, kursi dan meja kerja, cermin, sofa, meja TV, televisi, dan lain sebagainya.

Di samping itu, alat-alat rumah tangga memiliki makna agar mempelai laki-laki dapat memenuhi kebutuhan keluarga dan memberikan kenyamanan. Sehingga, ini merupakan pilihan hantaran yang tepat.

9. Produk Makanan

Hantaran yang tidak boleh ketinggalan adalah makanan. Kamu bisa memberikan aneka macam makanan tradisional yang masing-masing memiliki arti. Biasanya, makanan yang sering menjadi hantaran adalah makanan bertekstur lengket. Misalnya, jenang, kue lapis, lemper, dan sebagainya.

Makanan bertekstur lengket tersebut memiliki makna bahwa harapannya kedua pihak akan selalu lengket sampai ajal menjemput. Selain itu, tujuannya supaya silaturahmi antar kedua pihak keluarga bisa terjalin dengan baik.

Meski demikian, makanan apapun sebenarnya bisa kamu bawa. Apabila makanan dengan tekstur lengket akan cepat basi, kamu bisa memilih makanan seperti kue kering, agar tahan lama.

10. Buah-Buahan

Hantaran lamaran sederhana selanjutnya adalah buah-buahan. Pilihan hantaran ini bisa menjadi pelengkap makanan yang kamu bawa. Sehingga, akan terkesan lebih bervariasi, tidak hanya makanan berat atau makanan ringan saja.

Sementara itu, buah-buahan dalam bentuk parcel yang sudah tersusun rapi dan cantik bisa kamu pilih. Agar semakin bervariasi, kamu bisa memilih berbagai jenis buah, tidak hanya satu atau dua jenis saja.

Meskipun buah-buahan menjadi makanan yang mudah ditemukan dan sering pasanganmu konsumsi, tetap saja akan bermanfaat. Apalagi, itu bisa menjadi jamuan untuk para tamu saat prosesi lamaran.

11. Peralatan Mandi

Walau terkesan sederhana, peralatan mandi bisa menjadi barang hantaran yang bermakna. Siapa sih yang tidak membutuhkannya? Padahal, setiap hari orang selalu mandi, agar tubuh tidak gatal dan segar untuk beraktivitas kembali.

Ada berbagai peralatan dan perlengkapan mandi yang bisa kamu bawa. Misalnya, handuk, sabun cuci muka, sabun mandi, sampo, sisir, sikat gigi, pasta gigi, lulur mandi, dan lain sebagainya.

Produk-produk tersebut bisa kamu buat menjadi parcel sebagai hantaran.

Selain itu, dengan kamu memberikan peralatan dan kebutuhan mandi, dapat menunjukkan bahwa kamu mampu memenuhi kebutuhan harian pasangan. Sehingga, itu menjadi nilai tambah positif di mata keluarga pasangan.

12. Pakaian Dalam

Tidak hanya setelan pakaian biasa, kamu juga bisa memberikan pakaian dalam sebagai hantaran lamaran. Pasalnya, jenis pakaian ini tentu menjadi kebutuhan dasar yang harus terpenuhi. Selain itu, pakaian dalam adalah hantaran lamaran yang simple dan hemat budget.

Maka dari itu, kamu tidak harus malu kalau membawa hantaran pakaian dalam. Sebab, sekarang ini banyak tersedia jasa pembuatan hantaran seperti pakaian dalam menjadi bentuk yang lucu dan indah setelah mereka susun.

Dengan demikian, kamu bisa percaya diri memberikan hantaran berupa pakaian dalam, karena sudah berubah bentuk menjadi lebih indah.

13. Perlengkapan Hobi

Terakhir, hantaran lamaran yang bisa kamu bawa adalah perlengkapan hobi. Bagaimana jadinya jika kamu memperhatikan serta mendukung hobi pasangan? Tentu saja, itu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pasangan.

Namun, kamu harus benar-benar yakin dengan hobinya. Sebaiknya, tanyakan terlebih dahulu kepada pasangan terkait hobinya tersebut. Dengan demikian, kamu tidak memberikan barang salah yang justru menimbulkan salah paham.

Sudah Temukan Hantaran Lamaran Sederhana?

Itulah rekomendasi 13 hantaran lamaran sederhana yang hemat budget, tapi penuh makna. Dengan memilih barang hantaran yang tepat, kamu bisa membahagiakan pasangan. Sehingga, hubungan kalian akan semakin harmonis hingga waktu pernikahan tiba.

Baca juga: 8 Tempat Wisata untuk Prewedding di Indonesia yang Paling Epik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk Pemesanan Silahkan Isi
Formulir Berikut

Atau Hubungi Kami Melalui Whatsapp Kami

Tim kami akan menghubungi Anda maksimal 1 x 24 jam