Logo Labuan Bajo Productions

Alasan Kenapa Berlian Mahal beserta Keunggulan dan Manfaatnya

kenapa berlian mahal

Berlian adalah salah satu batu mulia yang kini banyak digunakan sebagai perhiasan bagi wanita. Harganya yang tinggi membuat batu mulia ini memiliki nilai dan citranya tersendiri. Namun, sebenarnya kenapa berlian mahal?

Pertanyaan tersebut mungkin pernah muncul dalam benakmu. Apalagi memang harga berlian jauh lebih mahal daripada batu mulia lainnya. Jadi, tidak heran jika banyak yang mengira jika batu mulia ini merupakan perhiasan eksklusif yang hanya cocok untuk kelompok tertentu saja.

Jika kamu penasaran ingin tahu alasan kenapa berlian mahal, simak ulasan selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Kenapa Berlian Mahal?

Jadi, sebenarnya kenapa berlian mahal, tapi tetap memiliki banyak peminat di pasaran? Salah satu yang membuat harga batu mulia ini sangat mahal adalah karena proses terbentuknya yang melalui tiga jenis endapan, yakni kerikil aluvial, ladang glasial, dan juga pipa kimberlite.

Setidaknya, proses pembentukan tersebut membutuhkan waktu hingga 3,3 miliar tahun dengan kedalaman lebih dari 120 km dari permukaan bumi. Bukan cuma itu saja, penambangan batu mulia ini juga sangat sulit. Hanya 50% hasil penambang sajalah yang memiliki kualitas cukup untuk diperjualbelikan sebagai perhiasan.

Apalagi karakteristik berlian juga terbilang unik. Batu mulia ini terkenal dengan kemampuannya untuk memantulkan cahaya, sehingga mampu memberikan kilauan yang menarik. Jadi, tidak heran jika material perhiasan ini mendapat peringkat 1 sebagai batu terkeras dengan skala 10 Mohs.

Selain dari karakteristiknya, alasan kenapa berlian mahal juga bisa kamu temukan dari potongannya. Potongan pada berlian mengacu pada proporsi batu mulia itu sendiri. Sebab, potongan ini akan menentukan kemampuan batu mulia tersebut dalam memantulkan cahaya.

Semakin banyak cahaya yang bisa terpantul, sudah pasti berlian tersebut akan semakin bersinar. Makanya, tidak heran jika potongan batu mulia menjadi faktor utama dalam penentuan harga jual berlian.

Faktor yang Memengaruhi Harga Berlian Mahal

Setelah menyimak penjelasan tentang kenapa berlian mahal, tentu kamu jadi semakin penasaran dengan batu mulia yang satu ini, kan? Sebenarnya, ada banyak sekali faktor penentu yang memengaruhi harga sebongkah batu berlian menjadi mahal, berikut ulasannya:

1. Berat Karat

Faktor pertama yang menjadi alasan kenapa berlian mahal adalah karena berat karat dari batu mulia tersebut. Semakin besar berat karatnya, maka akan semakin mahal harganya di pasaran.

Jika kamu ingin menjadikan berlian sebagai bahan investasi atau sekadar sebagai hadiah untuk orang tersayang, maka bisa mempertimbangkan berlian berdasarkan berat karatnya.

2. Warna Batu

Warna batu berlian ternyata juga dapat memengaruhi harga jualnya di pasaran. Hal ini karena warna pada batu mulia tersebut akan menentukan kualitasnya. Semakin aneh warna dari batu tersebut, sudah pasti harganya akan semakin mahal, karena termasuk jenis warna yang langka.

3. Kejernihan

Kejernihan dari batu berlian akan memengaruhi harga jualnya. Semakin jernih batu berlian, maka semakin memperlihatkan bahwa batu mulia tersebut sempurna, baik dari sisi internal maupun eksternalnya.

4. Potongan Batu Berlian

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa potongan berlian berpengaruh terhadap penentuan harga jual di pasaran. Misalnya, batu dengan potongan oval cut atau cushion cut pasti akan memiliki harga yang lebih mahal.

Sebab, proses pembuatan dan pemotongannya lebih sulit daripada jenis potongan lainnya. Dibutuhkan ketelitian tingkat tinggi untuk bisa menghasilkan berlian dengan dua jenis potongan tersebut.

Keunggulan dan Manfaat Berlian

Bukan sekadar menjadi perhiasan, batu berlian juga memiliki banyak keunggulan dan manfaat yang tak kalah menarik untuk kamu ketahui. Berikut adalah penjelasan lengkapnya tentang keunggulan dan manfaat berlian:

1. Sebagai Perhiasan

Semua orang tentu tahu bahwa berlian merupakan perhiasan yang menjadi primadona bagi banyak wanita. Bahkan, hal ini terjadi sejak zaman dulu. Karakteristiknya yang unik memang menjadi keunggulan tersendiri dari batu mulia ini.

Apalagi tidak ada dua batu berlian yang sama persis di dunia. Jadi, meski memiliki kualitas yang sama, tetapi setiap batu tersebut mempunyai tanda atau ciri khas tertentu yang membuatnya tampak berbeda.

2. Sebagai Investasi

Sekarang ini sudah mulai banyak orang yang menjadikan berlian sebagai salah satu investasi jangka panjang. Hal ini karena harga berlian akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Selain itu, investasi berlian juga tidak membutuhkan ruang dan perawatan khusus. Kamu cukup menyimpannya dalam sebuah kotak kecil di tempat kering.

3. Sebagai Simbol Status Sosial

Memang tak dapat terpungkiri, jika kini berlian juga menjadi salah satu cara untuk menunjukkan status sosial individu tertentu di dalam masyarakat. Bahkan, jika ada beberapa orang yang mengenakan perhiasan, orang yang menggunakan berlian akan dianggap jauh lebih kaya dan memiliki status sosial tinggi.

Hal inilah yang kemudian membuat batu mulia tersebut menjadi perhiasan yang eksklusif dan merepresentasikan orang-orang dengan status sosial tinggi.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Selain memiliki keunikan dan keindahan yang tiada tara, berlian ternyata juga bisa membantu meningkatkan suasana hati seseorang, lho. Kilauannya yang indah akan membuat seseorang memiliki suasana hati yang baik.

Bukan cuma itu, seseorang yang menggunakan berlian sebagai perhiasan juga akan terlihat lebih cantik dan menawan. Dengan begitu, maka tingkat kepercayaan diri seseorang akan meningkat.

5. Manfaat di Bidang Industri

Kekuatan berlian yang tak perlu diragukan lagi ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai alat industri. Khususnya pada berlian yang mempunyai banyak kecacatan, sehingga tidak bisa menjadi sebuah perhiasan.

Setidaknya, ada 80% berlian dengan kualitas sangat rendah yang pada akhirnya digunakan untuk kepentingan industri. Biasanya, batu mulia ini akan digunakan sebagai alat pemotong, pemolesan, ataupun pengeboran.

Tak jarang kamu juga bisa menemukan partikel berlian yang disematkan pada mata gergaji, mata bor, hingga roda gerinda yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan alat tersebut untuk memotong bahan keras.

6. Manfaat di Bidang Kesehatan

Selain di industri besar, berlian juga memiliki manfaat di bidang kesehatan. Sebuah studi menyebutkan bahwa batu mulia ini dapat meningkatkan efektivitas obat kanker.

Akan tetapi, bukan berarti batu mulia yang digunakan sama seperti berlian pada perhiasan, ya. Sebab, jenis berlian yang bermanfaat di bidang kesehatan adalah nano diamonds.

Secara umum, nano diamonds adalah kumpulan dari ratusan atom karbon yang mirip dengan bola bersudut. Ukurannya juga sangat kecil, sehingga bisa tercampur ke dalam air. Campuran ini akan terlihat seperti partikel keabu-abuan yang bermanfaat bagi dunia kesehatan.

Baca juga: Cincin Nikah di Jari Mana? Tangan Kiri atau Kanan?

Sudah Paham Kenapa Berlian Mahal?

Itu dia ulasan singkat tentang alasan kenapa berlian mahal lengkap dengan keunggulan dan manfaatnya yang tak kalah menarik untuk kamu ketahui.Terlepas dari harganya yang memang lebih mahal daripada jenis perhiasaan atau batu mulia lain, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki batu mulia ini.

source foto: pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk Pemesanan Silahkan Isi
Formulir Berikut

Atau Hubungi Kami Melalui Whatsapp Kami

Tim kami akan menghubungi Anda maksimal 1 x 24 jam