Logo Labuan Bajo Productions

5 Tips Memilih Wedding Venue Terbaik Sesuai Keinginanmu

tips memilih wedding venue

Menikah adalah satu kegiatan sakral yang dilangsungkan untuk mengikat dua orang dalam satu perjanjian kudus untuk membentuk bahtera rumah tangga. Nah, karena cukup sakral, banyak proses yang harus disiapkan, termasuk pemilihan venue. Untuk memaksimalkan ide, inilah beberapa tips memilih wedding venue terbaik.

Tips Memilih Wedding Venue

Pernikahan impian setiap orang berbeda-beda, untuk itu, demi melangsungkan impian sekali seumur hidup, banyak orang yang sangat hati-hati untuk memilih sesuatu untuk hari besar mereka. Pemilihan tempat dinilai cukup krusial, karena harus menggabungkan beberapa poin penting. Inilah tips-tipsnya:

1. Lokasi

Tips pertama adalah lihat dan amati lokasi tempat yang kamu inginkan. Beberapa pilihan venue tersebut harus sesuai dengan ide yang kamu tangkap. Maka dari itu, ada baiknya kamu menuliskan ide-ide milikmu dalam sebuah kertas tentang bagaimana venue yang kamu inginkan.

Setelah itu, pilihlah tempat yang sesuai, misalnya:

  • Jika kamu ingin merayakan pernikahan dengan konsep garden party, maka pilihlah venue yang memiliki halaman cukup luas.
  • Jika kamu ingin merayakan pernikahan dengan konsep elegan, mewah, dan dreamy kingdom, kamu dapat memilih venue indoor yang cukup berkelas, seperti ballroom hotel dan sebagainya.

2. Akses Menuju Lokasi Tersebut

Tips memilih wedding venue kedua adalah dengan menganalisis akses menuju lokasi yang ingin kamu pilih. Beberapa pertanyaan yang harus kamu pikirkan saat memilih lokasi adalah:

  • Apakah lokasi tersebut memiliki lahan parkir luas sesuai dengan perkiraan kendaraan yang dibawa oleh keseluruhan tamu?
  • Apakah lokasi tersebut memiliki jalur cepat atau gedung yang cukup familiar sebagai titik pencarian tamu?
  • Bagaimana akses jalan yang ada pada sekitar lokasi tersebut? Apakah jalurnya penuh lubang? Dan sebagainya.

3. Lihat Ketersediaan Tempat

Tips selanjutnya sebelum memilih wedding venue pastinya mengecek ketersediaan tempat. Jika kamu memiliki beberapa pilihan wedding venue, kamu dapat mengecek bagaimana ketersediaan tempat yang kamu dapat tersebut.

Ada dua cara yang bisa kamu pakai, yaitu:

  • Kamu yang mengikuti tanggal dan jam yang sesuai dengan venue tersebut.
  • Kamu mencari venue lain yang bisa kamu sesuaikan dengan tanggal dan jam yang kamu inginkan.
  • Perlu kamu ingat, bahwa penyewaan venue seringkali penuh pada tanggal-tanggal cantik yang ada di kalender. Contohnya, tanggal kembar hari-bulan-tahun, ataupun tanggal-tanggal yang bertepatan pada hari libur nasional.

4. Cek Fasilitas yang Disediakan

Tips memilih wedding venue yang wajib kamu analisa berikutnya adalah mengecek fasilitas apa yang tersedia pada wedding venue yang masuk ke dalam listmu. Contoh fasilitas yang menjadi nilai plus, yaitu:

  • Menu makanan terkenal enak.
  • Kondisi fasad gedung cukup baik, tidak terlihat pengelupasan, dan sebagainya.
  • Aroma gedung dan bagaimana organisir tempat sampahnya.
  • Akses masuk ke dalam gedung. Contohnya, memiliki akses bagi pengguna kursi roda untuk tamu yang mungkin memiliki disabilitas.
  • Kapasitas tempat duduk yang disediakan oleh venue.
  • Bagaimana sound system dari venue tersebut.

5. Budget

Tips memilih venue pernikahan terakhir adalah ketersediaan dan kecocokan budget yang kamu miliki untuk menyewa gedung tersebut. Cek apa saja paket promo yang mungkin disediakan oleh management venue dan cocokkan dengan budget yang kamu miliki.

Inilah 5 tips memilih wedding venue terbaik, agar cocok dengan ide dan impianmu. Tentunya, mewujudkan pernikahan impian adalah mimpi bagi semua orang. Maka dari itu, kamu perlu menganalisa secara detail terhadap pilihan akhirmu! Semoga membantu!

Baca juga: 9 Tips Memilih Fotografer Prewedding Untuk Hasil Jepretan yang Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk Pemesanan Silahkan Isi
Formulir Berikut

Atau Hubungi Kami Melalui Whatsapp Kami

Tim kami akan menghubungi Anda maksimal 1 x 24 jam