Logo Labuan Bajo Productions

9 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengunjungi Pulau Komodo, NTT

Alasan Kenapa Kamu Harus Mengunjungi Pulau Komodo, NTT

Pernah ingin melihat komodo secara langsung? Bagaimana kalau berenang bersama ikan pari manta, atau bersantai di pantai berpasir pink? Jika kamu ingin, maka itulah alasan mengunjungi Pulau Komodo setidaknya sekali seumur hidup.

Pulau Komodo adalah salah satu pulau kecil di Indonesia dengan reputasi besar. Dinobatkan sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam Baru pada tahun 2011, pulau ini menjadi rumah bagi populasi komodo yang langka.

Hewan ini bebas berkeliaran di Taman Nasional Komodo, sehingga pengunjung berkesempatan untuk melihatnya secara langsung dekat, sebagai salah satu kadal terbesar dan paling mematikan di dunia.

Tapi di Pulau Komodo kamu tak hanya sekedar bisa menyaksikan komodo, melainkan juga berkesempatan untuk merasakan hal lain yang luar biasa. Kira-kira apa saja? Ini dia alasan kenapa kamu harus mengunjungi Pulau Komodo jika kamu punya kesempatan.

1. Pulau Komodo Adalah Satu-Satunya Habitat Asli Komodo di Dunia

Salah satu alasan mengunjungi Pulau Komodo yang utama adalah karena pulau merupakan populasi asli komodo, kadal terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai tiga meter dan beratnya sekitar 70 kilogram.

Reptil yang besar ini memiliki reputasi yang menakutkan. Dengan gigi seperti hiu dan gigitan berbisa, komodo termasuk predator yang mengancam. Meskipun mematikan, tapi komodo juga terancam punah sehingga termasuk hewan yang sangatlah langka.

Nah, dengan mengunjungi pulau ini, kamu berkesempatan untuk merasakan momen langka ini dengan berjalan-jalan di sekitar Taman Nasional Komodo dan mengamati hewan tersebut di habitat aslinya. Tentunya dengan guide supaya tetap aman.

2. Kamu Bisa Menyaksikan Keindahan Bawah Lautnya yang Menakjubkan

Makhluk yang mempesona tidak hanya di atas daratan di Pulau Komodo, loh. Ada dunia spesies yang indah di perairan sekitarnya juga. Kabar bagus nih, terutama buat kamu yang suka diving untuk menikmati keindahan bawah laut bersama ikan berwarna-warni.

Apalagi faktanya bahwa Pulau Komodo adalah bagian dari Segitiga Terumbu Karang, sehingga kawasan perairannya memiliki keanekaragaman hayati yang kaya antara samudra Pasifik dan Hindia.

Laut di Pulau Komodo menampung setidaknya 76% dari semua spesies karang yang terkenal dan 37% dari ikan karang di dunia! Dijamin, menyelam di sekitar Pulau Komodo akan membuatmu terpana.

Bawah lautnya menjanjikan penampakan seluruh jenis kehidupan laut, mulai dari hiu karang dan kura-kura hingga manatee dan bahkan ikan batu yang ditakuti para penyelam.

Pulau Komodo juga merupakan tempat menyelam yang populer karena menjadi populasi pari manta yang langka. Makhluk anggun ini berenang di perairan jernih Pulau Komodo, sehingga menjanjikan pengalaman diving yang tak terlupakan.

3. Tempat yang Recommended Buat Pecinta Trekking

Pulau Komodo adalah destinasi yang sangat recommended untuk pecinta trekking. Ini adalah salah satu alasan mengunjungi Pulau Komodo yang megah.

Ada beberapa rute trekking untuk menjelajahi pulau dengan berjalan kaki. Selain melewati Taman Nasional Komodo, kamu juga akan menjelajah melewati pemandangan alam pulau yang menakjubkan.

Mulai pemandangan perbukitan hijau yang indah, hutan, hingga pegunungan berpasir layaknya di film-film petualangan.

Banyak operator menawarkan tur trekking yang akan membawa kamu menjelajah pedalaman, pantai, dan hutan pulau yang menakjubkan, dan banyak lagi. Jadi, kamu nggak akan kehabisan pilihan.

4. Di Pulau Komodo Ada Pantai Pink yang Cantik

Alasan mengunjungi Pulau Komodo berikutnya yang wajib banget kamu saksikan langsung setidaknya sekali seumur hidup adalah Pantai Pink.

Karena keindahannya yang sangat langka dan sangat jarang ditemukan, pantai ini dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah di dunia.

Pink beach juga banyak diminati orang sebagai tempat melaksanakan sesi prewedding karena warna merah muda yang dapat melambangkan kasih sayang.

Baca juga: Romantisnya Prewedding di Pink Beach Labuan Bajo

5. Sunset di Pulau Komodo Sangat Spektakuler

Bukan rahasia lagi kalau matahari terbenam di Indonesia sangat mempesona, salah satu yang terbaik adalah di Pulau Komodo. Ada beberapa tempat yang bisa kamu jadikan opsi untuk menonton sunset di sini.

Pertama, di Pulau Kalong dimana ribuan kelelawar langka terbang dari hutan bakau melintasi langit di sore hari. Kamu bisa menyaksikan pemandangan ini dari kapal yang ditambatkan di lepas pantai.

Opsi kedua adalah di puncak bukit di Pulau Padar, karena perbukitan pedalaman di sana memantulkan warna coklat kalem saat matahari terbenam, sehingga memberikan rona warna tersendiri pada cahaya sunset.

6. Menjelajah dari Satu Pulau ke Pulau Lain

Pulau Komodo hanyalah salah satu pulau di dalam Taman Nasional Komodo. Bisa menjelajahi beberapa pulau (island hopping) dalam beberapa hari juga menjadi alasan mengunjungi Pulau Komodo yang sulit untuk ditolak.

Ada beberapa pulau lain di sekitarnya yang juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dan favorit para wisatawan adalah Pulau Padar dan Pulau Rinca.

Di Pulau Rinca, kamu bisa melihat komodo dan banyak satwa liar lainnya, seperti kerbau, babi hutan, dan rusa yang berkeliaran.

Rasanya seperti sedang bercengkrama dengan satwa dan alamnya. Dijamin, menjelajahi pulau ini pasti akan terasa seperti petualangan ala-ala Jurassic Park.

Sementara itu, Pulau Padar memiliki ciri khas berupa struktur tanahnya yang berbatu dilengkapi dengan perbukitannya yang hijau serta panorama pantainya yang memukau.

Semua itu menjadikan pulau ini sangat cocok untuk semua aktivitas petualangan, mulai dari trekking, menyaksikan sunset, hingga bersantai di bibir pantai.

7. Pada Malam Hari, Pantai di Pulau Komodo Akan Berkilauan

Pernah mendengar tentang fenomena bioluminesensi ? Ini adalah fenomena biologis yang membuat kunang-kunang bersinar dan hal itu terjadi ketika reaksi kimia dalam suatu organisme memancarkan cahaya.

Pada malam-malam tertentu, bioluminesensi plankton laut menerangi pantai Pulau Komodo. Benar-benar pemandangan yang spektakuler, bukan? Karena itulah, fenomena ini juga menjadi alasan mengunjungi Pulau Komodo yang nggak boleh kamu lewatkan.

Bayangkan kamu berada di tepi pantai yang gelap yang dipenuhi jutaan kunang-kunang kecil yang berkilauan. Pasti akan jadi pengalaman liburan ke Pulau Komodo yang unforgettable.

8. Spot Snorkeling yang Indah Buat Kamu yang Nggak Bisa Diving

Saat liburan ke Pulau Komodo, kamu juga bisa berkunjung ke Pulau Kanawa untuk bersantai, berenang, dan menikmati tempat snorkeling yang menakjubkan. Visibilitas airnya sangat jernih sehingga kamu bisa melihat kehidupan bawah lautnya yang dangkal.

Bersiaplah untuk terpesona oleh sekumpulan ikan tropis berwarna-warni, karang mistis, dan fauna laut unik seperti ikan pari, lumba-lumba, dan penyu.

9. Kamu Bisa Temukan Hidden Gem Bernama Goa Rangko

Alasan terakhir kenapa kamu wajib banget mengunjungi Pulau Komodo adalah karena kamu bisa menemukan Goa Rangko, yakni tempat wisata yang belum banyak terjamah di Nusa Tenggara Timur.

Di Goa ini, kamu bisa menemukan sebuah kolam berwarna biru nan jernih dan alami. Gua ini menawarkan keheningan bagi siapapun yang datang berkunjung untuk merasakan kesegaran air di dalamnya.

Itulah sederet alasan mengunjungi Pulau Komodo sebagai daftar kunjungan wajib di liburanmu selanjutnya. Bagaimana, apakah kamu tertarik berlibur ke sana setelah membaca artikel ini?

Baca juga: 5 Alasan Honeymoon di Labuan Bajo Surga Dunia Mempesona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk Pemesanan Silahkan Isi
Formulir Berikut

Atau Hubungi Kami Melalui Whatsapp Kami

Tim kami akan menghubungi Anda maksimal 1 x 24 jam