Logo Labuan Bajo Productions

Berapa Bulan Persiapan Pernikahan? Inilah Waktu yang Ideal!

Berapa Bulan Persiapan Pernikahan

Berapa bulan persiapan pernikahan? Pertanyaan ini sering kali terucap dari pasangan yang berencana untuk menikah. Banyak yang masih bingung terkait waktu yang ideal untuk mempersiapkan pernikahan secara matang.

Persiapan yang matang tentunya akan memberikan hasil yang maksimal. Apalagi jika hasil tersebut sesuai dengan keinginan kamu dan pasangan sejak awal.

Lantas berapa bulan persiapan pernikahan yang tepat dan ideal? Berikut ini penjelasannya!

Waktu yang Ideal untuk Mempersiapkan Pernikahan

Sebenarnya tidak ada standar khusus terkait durasi atau waktu persiapan pernikahan.

Namun, menurut survey dari Bridestory tentang berapa bulan waktu persiapan pernikahan, 27,8 persen responden memerlukan waktu 10-12 bulan untuk menyiapkan pernikahan. Dan 25,5 persen responden memerlukan 3-6 bulan untuk menyiapkan pernikahan.

Persiapan pernikahan tergantung dengan kondisi dan pemikiran masing-masing.

Jika kamu memilih waktu persiapan 10-12 bulan, artinya kamu punya banyak waktu untuk mempersiapkan budget yang lebih besar.

Beberapa orang justru lebih memilih melakukan persiapan pernikahan dalam waktu dekat seperti 3 atau 6 bulan.

Tips Persiapan Pernikahan dalam Waktu 6 Bulan

Pernyataan kamu terkait berapa bulan persiapan pernikahan sudah terjawab pada penjelasan diatas. Mungkin karena tidak adanya waktu yang ideal kamu jadi sedikit merasa bimbang.

Jika mengalami hal demikian, kamu bisa mengambil waktu yang tepat dan paling banyak dipilih oleh pasangan yang akan menikah yaitu dalam waktu 6 bulan.

Berikut ini tips persiapan pernikahan yang maksimal dalam waktu 6 bulan!

1. Gabungkan Acara Perkenalan Keluarga Besar

Tips pertama mempersiapkan pernikahan adalah menggabungkan acara perkenalan keluarga besar dengan acara lamaran atau tunangan.

Pasangan yang akan melangsungkan pernikahan sudah seharusnya melakukan lamaran terlebih dahulu. Namun, ada beberapa pasangan yang menggantinya dengan tunangan, intinya sama saja.

Hingga saat ini masih banyak calon pengantin yang lebih memilih memisahkan acara perkenalan keluarga besar dengan tunangan atau lamaran.

Padahal untuk menyingkat waktu, kedua acara tersebut dapat kamu lakukan secara bersamaan.

2. Tentukan Tanggal Pernikahan yang Tidak Jauh dari Lamaran

Ketika kamu memilih menggabungkan acara perkenalan keluarga dengan lamaran, sebaiknya pilih waktu yang longgar. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk menentukan tanggal pernikahan.

Pilih tanggal pernikahan yang tepat tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh. Rasanya waktu 4-6 bulan dari acara lamaran merupakan waktu yang ideal untuk mempersiapkan segala sesuatu tentang pernikahan.

Jangan lupa untuk mendiskusikan konsep awal yang disepakati kedua belah pihak. Karena ini menjadi salah satu hal yang akan mempermudah persiapan selanjutnya.

Selanjutnya kamu dan pasangan harus rutin berkomunikasi dalam mempersiapkan semuanya. Sekaligus menjadi penghubung dengan keluarga masing-masing.

3. Ambil Keputusan Menggunakan Wedding Organizer atau Mengurus Sendiri

Hal ini juga penting untuk kamu lakukan dari awal yaitu memutuskan untuk menggunakan jasa wedding organizer atau mengurus semuanya sendiri.

Tidak ada salahnya juga kalau kamu ingin mengurus segala persiapan sendiri. Hal ini tentu saja akan membuat kamu merasakan serunya diskusi hingga menghadapi perbedaan pendapat.

Kedua hal ini secara tidak langsung akan membuat kamu dan pasangan menjadi lebih intens jelang hari pernikahan. Kamu juga perlu untuk mempersiapkan semuanya dari jauh-jauh hari.

Mulai dari mengatur jamuan makanan, dekor, undangan dan kesesuaian dengan tamu banyaknya tamu undangan.

4. Pesan Gedung atau Rumah Sendiri

Persiapan lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah penentuan tempat berlangsungnya acara pernikahan. Apakah kamu ingin memesan gedung atau ingin acara pernikahan di rumah sendiri saja.

Jika kamu ingin memesan gedung, lakukan dari jauh-jauh hari. Apalagi gedung yang kamu pesan merupakan gedung favorit banyak orang.

Berbeda jika kamu lebih memilih rumah sendiri untuk acara pernikahan. Kamu hanya perlu memesan jasa dekorasi yang sesuai dengan lokasi rumah kamu.

5. Usahakan Pesan Souvenir dan Undangan dalam Satu Tempat

Tips terakhir yang perlu tidak boleh kamu lewatkan adalah dalam segi undangan dan souvenir. Usahakan untuk melakukan pemesanan souvenir dan undangan dalam satu tempat yang sama.

Hal ini tentu saja akan lebih menghemat waktu dan juga menghemat biaya. Apalagi saat ini sudah banyak tersedia jasa yang menawarkan pembuatan undangan sekaligus souvenir.

Memesan dua item dalam satu tempat yang sama dengan jumlah banyak pasti akan mendapatkan harga yang lebih murah. Minimal kamu bisa mendapatkan potongan harga atau bonus.

Sekarang kamu sudah tahu berapa bulan persiapan pernikahan yang ideal. Ketika kamu memilih waktu persiapan 6 bulan terapkan 5 tips diatas agar pernikahan kamu berjalan lancar dan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk Pemesanan Silahkan Isi
Formulir Berikut

Atau Hubungi Kami Melalui Whatsapp Kami

Tim kami akan menghubungi Anda maksimal 1 x 24 jam